JUKNIS PPDB JENJANG SMA, SMK DAN SLB JATIM TAHUN 2022

 

Juknis PPDB SMA, SMK, SLB Jatim


Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh Satuan Pendidikan sebelum pelaksanaan proses pembelajaran awal tahun dimulai. Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 1 tahun 2021, Jalur Pendaftaran peserta didik baru tahun pelajaran 2022/2023 meliputi zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali, dan/atau prestasi. Mekanisme yang digunakan dengan moda dalam jaringan (daring) secara penuh kecuali beberapa Satuan Pendidikan tertentu.Hal ini juga untuk memudahkan masyarakat dalam proses pendaftaran, pelaksanaan dan pemantauan hasil.

Sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 6966/A5/HK.01.04/2022 tanggal 25 Januari 2022,  point 4.a. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi perlu menyiapkan dan/atau menyesuaikan Petunjuk Teknis PPDB tahun pelajaran 2022/2023 berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Agar semua tahap pada PPDB tahun pelajaran 2022/2023 dapat berjalan dengan baik dan lancer,   maka melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur  perlu menyusun Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang SMA dan SMK Provinsi Jawa Timur Tahun Pelajaran 2022/2023, sebagai dasar acuan semua pihak yang terlibat pada semua proses PPDB.

Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Nomor: 188.4/1946/101.7.1/2022 tentang Juknis Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, dan Sekolah Luar Biasa Provinsi Jawa Timur Tahun Pelajaran 2022/2023 memuat beberapa hal penting,  di antaranya sebagai berikut:

Lampiran I :Juknis Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang SMAdan SMK

Secara garis besar lampiran ini memuat:

a. Tahap PPDB

b. Jalur pendafataran:

     1. Jalur Afirmasi

     2. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali

     3.Jalur Prestasi Hasil Lomba

     4. Jalur Prestasi Nilai Akademik

     5. Jalur Zonasi

  • Pelaksanaan PPDB

a.       Pagu Calon Peserta Didik Baru

b.       Tahapan Pendaftaran

c.       Tata Cara Pengambilan PIN

d.       Tata Cara Pendaftaran untuk Calon Peserta Didik

e.       Kriteria Pemeringkatan.

f.        Pengumuman dan Cetak Bukti Penerimaan

g.       Tata Cara Daftar Ulang

  • Pengawasan dan Pengaduan
  • Sanksi

Lampiran II Juknis Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang SLB Negeri Provinsi JawaTimur

Secara garis besar lampiran ini memuat:

  • Pendaftaran
  • Persyaratan (TKLB, SDLB, SMPLB, SMALB)
  • Seleksi
  • Pengumuman dan daftar ulang
  • Mutasi/Perpindahan Peserta Didik
  • Pembiyaan
  • Sanksi

         Untuk mengetahui lebih detail isi dari Juknis Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, dan Sekolah Luar Biasa Provinsi Jawa Timur Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat dilihat di bawah ini:



Untuk menyalin file juknis - DOWNLOAD DI SINI-

        Dan untuk melengkapi informasi dapat dilihat paparan KADISDIK JATIM tentang PPDB jenjang SMA, SMK dan SLB Provinsi Jatim Tahun 2022 berikut:

Posting Komentar untuk "JUKNIS PPDB JENJANG SMA, SMK DAN SLB JATIM TAHUN 2022"