KALENDER PENDIDIKAN PADA SATUAN PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023, DALAM FORMAT PDF DAN EXCEL

 


Kalender pendidikan merupakan pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari Iibur. Kaldik menjadi acuan pelaksanaan pembelajaran selama satu tahun pelajaran di sekolah. Pada tahun pelajaran 2022/2023 telah dikeluarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Nomor 420/3250/101.1/2022 tentang kalender pendidikan bagi satuan pendidikan di provinsi Jawa Timur.  

Hari efektif adalah hari belajar yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum. Hari efektif fakultatif adalah hari efektif dan atau kegiatan lain yang menunjang pernbelajaran.

Minggu efektif adalah waktu belajar selama 5 (lima) atau 6 (enam) hari kerja yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran dan tidak boleh kurang dari jumlah jam pelajaran per minggu, jumlah minggu efektif dalam satu tahun sesuai dengan ketentuan kurikulum yang berlaku pada satuan pendidikan.

Libur semester adalah libur yang diadakan pada akhir setiap semester. Libur umum adaiah libur yang berkaitan dengan hari minggu. Libur hari besar adalah waktu Iibur yang diadakan sehubungan dengan peringatan keagamaan atau hari peringatan Iainnya. Libur khusus adalah Iibur yang diadakan karena kondisi/keadaan tertentu, yang akan ditetapkan kemudian oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota Jawa Tmur.

Dalam kalender ini dijelaskan awal  Tahun pelajaran 2022/2023 dimulai pada hari Senin tanggal 18 Juli 2022 dan diakhiri pada hari Sabtu tanggal 24 Juni 2023. Hari pertama kegatan pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan satuan pendidikan yang diisi dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru;

       Tentang beban belajar dijelaskan bahwa dalam penyelenggaraan pendidikan, satuan pendidikan menggunakan sistem semester yang membagi I (satu) tahun pelajaran menjadi semester gasal dan semester genap baik bagi sekolah yang menggunakan sistem reguler dan atau sistem kredit semester (SKS).  Jumlah minggu efektif dalam satu tahun pelajaran :minimal 36 minggu. Untuk mengetahui secara lebih detail tentang pembagian minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari Iibur pada tahun pelajaran 2022/2023 dapat didownload dengan cara klik bawah ini:

  • Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Nomor 420/3250/101.1/2022 Tentang Kalender Pendidikan Bagi Satuan Pendidikan di Provinsi Jawa Timur Tahu Pelajaran 2022/2023 -KLIK DI SINI-
  • Kalender Pendidikan Bagi Satuan Pendidikan di Provinsi Jawa Timur Tahun pelajaran 2022/2022 format PDF--KLIK DI SINI-
  • Kalender Pendidikan Bagi Satuan Pendidikan di Provinsi Jawa Timur Tahun pelajaran 2022/2022 format Excel -KLIK DI SINI-

Posting Komentar untuk "KALENDER PENDIDIKAN PADA SATUAN PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023, DALAM FORMAT PDF DAN EXCEL"