Mengidentifikasi Tahapan Kesiapan Satuan Pendidikan dalam Menjalankan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

         Setelah membentuk tim fasilitator  dalam desain projek penguatan profil Pancasila, maka langkah selanjutnya  mengidentifikasi tahapan kesiapan satuan pendidikan dalam menjalankan projek. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana  kesiapan sekolah dalam menjalankan projek. Identifikasi  didasarkan pada kemampuan sekolah dalam menerapkan pembelajaran berbasis projek (project based learning). Pembelajaran berbasis projek adalah pendekatan kelas yang dinamis di mana peserta didik secara aktif mengeksplorasi masalah dan tantangan dunia nyata untuk memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam. 

        Project based learning bukan hanya kegiatan membuat produk atau karya, namun kegiatan yang mendasarkan seluruh rangkaian aktivitasnya pada sebuah persoalan yang kontekstual. Oleh karenanya, pembelajaran berbasis projek biasanya mencakup beragam aktivitas yang tidak bisa dilakukan dalam jangka waktu yang pendek.

      Dalam hal ini, satuan pendidikan melakukan refleksi awal mengenai penguasaan terhadap project based learning untuk mengidentifikasi kesiapan awal dalam menjalankan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

         Dari bagan di atas, maka tahapan kesiapan satuan Pendidikan dalam menjalankan Projek penguatan profil Pancasila dibagi menjadi 3 tahap, yaitu:

Tahap Awal

  • Satuan Pendidikan belum memiliki sistem dalam mempersiapkan dan melaksanakan project based learning.
  • Konsep pembelajaran berbasis projek baru diketahui pendidik.
  • Satuan Pendidikan menjalankan projek secara internal (tidak melibatkan pihak luar).

Tahap Berkembang

  • Satuan Pendidikan sudah memiliki sistem*) untuk menjalankan pembelajaran berbasis projek.
  • Konsep project based learning sudah dipahami sebagian pendidik.
  • Satuan pendidikan mulai melibatkan pihak di luar satuan pendidikan untuk membantu salah satu aktivitas projek.

Tahap Lanjutan

  • project based learning sudah menjadi kebiasaan satuan pendidikan
  • Konsep project based learning sudah dipahami semua pendidik.
  • Satuan pendidikan sudah menjalin kerjasama dengan pihak mitra di luar satuan Pendidikan agar dampak projek dapat diperluas secara berkelanjutan.
*) satuan pendidikan yang memiliki sistem: satuan pendidikan memiliki evaluasi berkala, pengayaan pendidik menyelenggarakan pembelajaran berbasis projek yang memberikan otonomi lebih besar kepada peserta didik.

Penentuan tahap kesiapan sekolah menjadi dasar secara teknis dalam pemilihan tema dan topik spesifik pada projek penguatan profil Pancasila.  

Posting Komentar untuk "Mengidentifikasi Tahapan Kesiapan Satuan Pendidikan dalam Menjalankan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila"