Video Sebagai Alat Penilaian Ketrampilan


                  Evaluasi menurut Dimyati dan Mudjiono (2002:191) diartikan sebagai proses sistematis untuk menentukan nilai sesuatu (tujuan kegiatan, keputusan, unjuk kerja, proses, orang, dan yang lain) berdasarkan kriteria tertentu melalui penilaian. Oemar Hamalik (2003:63) evaluasi merupakan aspek penting dalam proses belajar mengajar yang berguna untuk mengukur dan menilai seberapa jauh tujuan instruksional telah tercapai atau hingga mana mendapat kemajuan belajar siswa dan bagaimana tingkat keberhasilan sesuai tujuan instruksional tersebut.
                  Dengan demikian evaluasi pembelajaran merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu proses pembelajaran yang ditetapkan berdasarkan kriteria tertentu untuk mengukur, menilai, dan mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran telah dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa evaluasi merupakan kegiatan dari komponen pembelajaran yang wajib dilaksanakan untuk mengukur tingkat kesuksesan belajar yang telah dilaksanakan. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran dapat dilakukan pada setiap akhir proses pembelajaran.
                        
            Dalam kurikulum 2013, penilaian mencakup aspek sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Salah satu teknik penialain ketrampilan adalah penilaian Produk. Sebelum melakukan penilaian, seorang guru harus melakukan perencanaan  agar hasil yang didapat betul-betul mencerminkan hasil yang diharapkan . Lebih lanjut tentang penilaian dalam kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Pertama ( SMP) , Kementrian pendidikan melalui Direktorat Pembinaan Sekolah menengah pertama " Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan, Sekolah Menengah Pertama.  
Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan

               Panduan ini telah direvisi beberapa kali. Panduan ini berisi konsep penilaian, penilaian oleh pendidik yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta penilaian oleh satuan pendidikan. Di samping itu, dalam panduan dicontohkan tentang perencanaan penilaian baik dalam penilaian sikap, pengetahuan maupun ketrampilan serta contoh-contoh rubrik penilaian nya. Panduan ini bertujuan untuk memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan hasil penilaian, serta membuat laporan pencapaian kompetensi peserta didik.
Download Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan SMP versi Revisi Tahun 2017 Klik di sini


Contoh Hasil karya siswa dalam penilaian ketrampilan Produk pada Kompetensi Menyajikan menyajikan cara berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru

          
Untuk merencanakan penilaian keterampilan maka harus merumuskan kisi-kisi, instrumen dan rubrik penilaian keterampilan. Lebih detailnya dapat dilihat contoh  perencanaan penilaian keterampilan praktik, produk dan proyek sebagaimana terdapat dalam pedoman penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan tahun 2017- DOWNLOAD DI SINI-

Posting Komentar untuk "Video Sebagai Alat Penilaian Ketrampilan"