Merancang Alokasi Waktu dan Dimensi dalam Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

           Tahapan pertama yang dilakukan oleh pimpinan satuan pendidikan dalam mendesain projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila  adalah merancang alokasi waktu dan dimensi projek. Hal ini dilakukan agar dapat memetakan sebaran pelaksanaan projek pada satuan pendidikan tersebut. 

A. Merancang Alokasi Waktu

Menentukan durasi pelaksanaan untuk setiap Tema Projek yang dipilih dapat disesuaikan dengan pembahasan tema. Durasi dapat dipilih antara dua minggu sampai 3 bulan, tergantung tujuan dan kedalaman eksplorasi tema. Jika satuan pendidikan bertujuan untuk memberikan dampak sampai pada lingkungan di luar satuan pendidikan maka bisa jadi durasi pelaksanaan projek membutuhkan waktu yang lebih lama. Di luar durasi waktu pelaksanaan projek, satuan Pendidikan mengatur kembali jadwal belajar mengajar seperti biasa.

Mengacu kepada Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 162/M/2021 tentang Program Sekolah Penggerak, secara umum ketentuan total waktu projek adalah sekitar 2030% beban peserta didik per tahun adalah sebagai berikut:

 
Sumber: Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Dikdasmen

Satuan pendidikan diharapkan dapat mengatur jadwal belajar yang membuka ruang untuk kolaborasi mengajar antar pendidik dari mata pelajaran yang berbeda.

Waktu pelaksanaan projek dapat disesuaikan dengan tingkat kesiapan satuan Pendidikan:

Sumber: Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Dikdasmen

Contoh pilihan waktu pelaksanaan

   a.  Menentukan satu hari dalam seminggu untuk pelaksanaan projek (misalnya hari Jumat). Seluruh jam belajar pada hari itu digunakan untuk projek.

Sumber: Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Dikdasmen

b. Mengalokasikan 1 - 2 jam pelajaran di akhir hari khusus untuk mengerjakan projek. Bisa digunakan untuk eksplorasi di sekitar satuan pendidikan sebelum peserta didik pulang.

Sumber: Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Dikdasmen 

c. Mengumpulkan dan memadatkan pelaksanaan tema dalam satu periode waktu (misalnya 2 minggu atau 1 bulan), di mana semua pendidik berkolaborasi mengajar projek setiap hari selama durasi waktu yang ditentukan.

Sumber: Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Dikdasmen

B. Menentukan Dimensi

  1. Pimpinan satuan pendidikan kemudian menentukan dimensi Profil Pelajar Pancasila yang akan fokus dikembangkan untuk setiap kelas pada tahun ajaran tersebut.
  2. Pimpinan satuan pendidikan dapat merujuk pada visi misi satuan pendidikan atau program yang akan dijalankan di tahun ajaran tersebut.
  3. Disarankan untuk memilih 23 dimensi yang paling relevan untuk projek.
  4. Sebaiknya jumlah dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan dalam suatu projek tidak terlalu banyak agar tujuan pencapaian projek jelas dan terarah.
  5. Tema dan topik spesifik yang nanti dipilih dapat menyesuaikan dengan dimensi yang sudah ditentukan oleh pimpinan satuan pendidikan.
  6. Apabila pimpinan satuan pendidikan sudah berpengalaman menjalankan kegiatan berbasis projek, jumlah dimensi yang dipilih dapat ditambah sesuai dengan kesiapan tingkat satuan pendidikan.

 

        Demikian penjelasan tentang cara merancang alokasi waktu dan dimensi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang diambil dari Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA).

1 komentar untuk "Merancang Alokasi Waktu dan Dimensi dalam Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila"