MANFAAT DAN BARAKAH MEMBACA BASMALAH

 

Dengan mengucap kan lafadz Bismillahirrahmanirrahim, saya memulai menulis. Tampaknya kalimat tersebut merupakan hal yang biasa dan tanpa makna, padahal apabila kita memahami esensi dari ladadz basmalah sungguh kita akan menemukan manfaat yang sangat rugi apabila dilewatkan.  Sesuatu yang sangat ringan untuk diamalkan tetapi memiliki manfaat yang sangat besar dalam dua dimensi kehidupan manusia, kehidupan dunia dan akhirat. Namun demikian hal ini tidak serta merta menjadikan mudahnya  untuk membentuk kebiasaan membaca bismillah pada semua manusia.

Pendidikan tentang pentingnya membaca bismillah sudah bukan hal yang baru, baik di rumah, di sekolah maupun di madrasah. Namun demikian untuk membentuk pembiasaan tidak semudah itu. Tidak jarang dalam suatu pola pendidikan anak usia dini ditanamkan pembiasaan membaca bismillah, meskipun masih terbatas hanya pada even tertentu seperti hendak makan atau minum, tetapi tidak jarang pula kebiasaan itu akan hilang seiring dengan berjalannya waktu, bertambahnya usia dan semakin luasnya lingkungan pergaulan anak. 

Fenomena yang terjadi di atas merupan ironi yang sangat memprihatinkan. Seharusnya dengan semakin meningkatnya tingkat pendidikan seseorang, akan semakin meningkat pula pembiasaan yang sudah tertanam sejak kecil baik secara kualitas maupun kuantitas. Secara kuantitas pengamalan nya lebih luas lagi tidak hanya terbatas pada beberapa aktivitas saja dan secara kualitas, maka akan semakin  bagus niat ( Lillahi Ta’ala) dan lebih khusyu’ membacanya. Hal ini boleh jadi karena kurangnya pemahaman akan manfaat membaca bismillah dalam memulai semua aktivitas atau amal yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Lafadz bismillahirrahmanirrahim  memiliki arti “ dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang”. Dua sifat Allah SWT yang mengiringi lafadz bismillah yaitu Pengasih dan Penyayang sungguh memiliki makna yang sangat dalam. Dengan kasih sayang Allah SWT, manusia akan selalu berada dalam lindungan Nya dan segala kesulitas hidup akan diberikan kemudahan jalan keluarnya. Sehingga akan dapat menjalani kehidupan di dunia dengan tenang, damai dan bahagia.

Begitu besarnya manfaat bacaan bismillah, sehingga Allah SWT menjadikan nya sebagai lafadz dzikir yang dapat dibaca setiap saat.  Beberapa manfaat membaca bismillah terdapat dalam beberapa hadits Nabi Muhammad SAW, di antaranya sebagai berikut:

1.    Supaya tidak putus dari rahmat Allah SWT

  كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِبِسْمِ اللَّهِ (وفي رواية بِذِكْرِاللّه) فَهُوَ أَ قْطَع (وفي رواية فَهُوَ

أَبتَرُ 

Artinya : Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan bismillah (dalam riwayat lain : dengan mengingat Allah) maka amalan tersebut terputus (kurang) keberkahannya.

2.    Menghancurkan  syetan

قال صلى الله عليه وسلم:مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ إلاَّ ذَابَ الشَّيْطَانُ كَما يَذُوْبُ الرَّصَاصُ عَلَى النَّارِ

Nabi SAW bersabda: “Tidak ada dari seorang hamba yang membaca bismillahirrahmanirrahim kecuali setan hancur sebagaimana hancurnya timah di atas api.”

3.  Menjadi penghalang pandangan jin pada aurat manusia

سَتْرُ بَيْنَ أَعْيُنِ الْجِنِّ وَبَيْنَ عَوْرَاتِ بَنِي أَدَمَ إِذَا وَضَعَ أَحَدُهُمْ شَوْبَهُ أَنْ يَقُول بسْم اللّه

Artinya: Penghalang antara mata jin dan aurat Bani Adam, apabila salah seorang dari mereka     melepas pakaiannya ialah dengan membaca bismillah

4. Menjauhkan manusia dari syetan pada saat di rumah dan ketika makan

عَنْ جَابِرٍرَضِى اللّٰهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللّٰهِ صَلّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: اِذَٰا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللّٰهَ تَعَالٰى عِنْدَ دُخُوْلِهِ وَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ (لِاَصْحَابِهِ) لَا مَبِيْتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ وَاِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُر اللّٰهَ تَعَالىٰ عِنْدَ دُخُوْلِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ: اَدْرَكْتُمُ الْمَبِيْتَ، وَاِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللّٰهَ تَعَالىٰ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ: اَدْرَكْتُمُ الْمَبِيْتَ وَالْعَشَاءَ - رواه مسلم

          Dari beberapa hadits di atas menunjukkan bahwa membaca basmalah akan mendatangkan barakah dari apa yang dilakukan dan menghindarkan manusia dari belenggu dan godaan syetan.  Hadits Nabi menjelaskan do’a  yang diawali dengan lafadz Bismillah berikut akan menghindarkan manusia dari bahaya akan datangnya madharat bagi manusia.

        بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيم

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang tidak akan bisa memudharatkan bersama nama-Nya segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi. Dan Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,” pada setiap hari di waktu shubuh dan sore sebanyak tiga kali maka tidak akan memudharatkan baginya sesuatu apa pun.” 

                Begitu pentingnya bacaan Basmalah dalam mengawali setiap aktivitas, maka ketika manusia lupa tidak membaca basmalah di awal aktivitas makan. Rasulullah mengingatkan manusia untuk tetap membaca basmalah dengan lafadz sebagaimana dalam Hadits berikut:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ طَعَامًا فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ فَإِنْ نَسِيَ فِي أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ فِي أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Artinya: “Bila salah seorang diantara kalian makan maka hendaknya ia mengucapkan bismillah, bila ia lupa diawalnya, maka hendaknya ia membaca bismillah fi awwalihi wa akhirihi.”

            Contoh barokah dari membaca Bismillah dapat dibaca pada kisah wanita pengamal Bismillah yang dikisahkan dalam Kitab Uqudul Lujain. Kisah tersebut menjelaskan bagaimana Allah melindungi seseorang dari adanya madlarat atau bahaya yang menimpa dengan membaca Bismillah, meskipun secara akal manusia tidak dapat  menerima, tetapi dengan Kuasa Allah SWT semua bisa terjadi, meskipun di luar jangkauan akal. Karena semua yang ada di alam ini berada dalam genggaman Kuasa Allah SWT.

 

 



Referensi:

______________https://almanhaj.or.id/3779-rasulullah-shallallahu-alaihi-wa-sallam-memerintahkan-sebelum-menyantap-makanan-bacalah-bismillah.html. Diakses tanggal 10 Januari 2021

Raehanul Bahraen,2012. https://muslimafiyah.com/membiasakan-memulai-dengan-bismillah.html. Diakses tanggal 10 Januari 2021

Sya’roni, M. 2010. Cermin Kehidupan Rasul (Sebuah Refleksi Akhlak Nabi Muhammad SAW). Penerbit Aneka Ilmu. Semarang.

Posting Komentar untuk "MANFAAT DAN BARAKAH MEMBACA BASMALAH"