Tata Cara Menambah Raka'at Makmum Masbuk


             Dalam shalat jama’ah diperbolehkan bagi jama’ah yang ketinggalan rakaat nya dari imam selama imam belum salam. Makmum yang ketinggalan dalam shalat jama’ah disebut makmum masbuk. Makmum masbuq adalah makmum yang ketinggalan atau terlambat  satu raka’at atau lebih bersama imam dalam sholat berjama’ah.

Tata cara makmum masbuk adalah makmum melakukan niat dan takbiratul ihram kemudian mengikuti semua gerakan imam dan tidak boleh mendahului, sebagaimana disebutkan dalam hadits :

إِنَّمَا جُعِلَ الْإِمَامُ لِيؤْتَمَّ بِهِ فَلَا تَخْتَلِفوا عَلَيْهِ فَإِذَا كَبَّرَ فَكَبِّرُوا وَإِذَا رَكَعَ فَارْكَعُوا وَإِذَا قَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ فَقُولُوا اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ وَإِذَا سَجَدَ فَاسْجُدُوا.. متفق عليه

“Sesungguhnya imam itu untuk diikuti maka jangan menyelisihinya. Apabila ia takbir maka takbirlah. Dan apabila ruku maka rukulah, dan apabila ia mengucapkan samiallahu limanhamidah, maka ucapkan : rabbana walakal hamdu, dan apabila ia sujud maka sujudlah kalian (Muttafaq ‘alaih).”

Makmum masbuk harus menambah jumlah raka’at yang tertinggal dari imam setelah imam melakukan salam. Jadi pada saat imam salam, makmum langsung berdiri dan menambahkan jumlah rakaat yang ketinggalan Sebagai patokan dalam menentukan jumlah rakaat yang dihitung bersama imam adalah pelaksanaan rukuk nya. Apabila makmum bisa melaksanakan rukuk bersama imam, maka di situlah mulai dihitung jumlah rakaat dari makmum masbuk. Dan apabila makmum tidak mendapati rukuk bersama imam pada saat mulai mengikuti shalat jama’ah, maka rakaat nya belum dihitung. Sebagai contoh ketika imam sedang melaksanakan shalat jama’ah dhuhur pada rakaat kedua dan imam sedang sujud, datang makmum masbuk yang  mengikuti gerakan imam setelah niat dan takbiratul ihram. Maka rakaat kedua yang diikuti makmum masbuk tersebut belum dihitung rakaat nya, dan dihitung rakaatnya pada rakaat 3 dan 4.  Jadi makmum masbuk tersebut harus menambah 2 rakaat setelah imam salam. 


LEMBAR KERJA

1. Suatu hari di salah satu masjid sedang berlangsung shalat jama’ah dhuhur, ketika imam sedang melaksanakan ruku’, datanglah seseorang yang ikut berjama’ah dan langsung mengikuti ruku’ bersama Imam. Ketika Imam melaksanakan duduk tasyahud akhir dan kemudian salam, apakah makmum tersebut harus menambah jumlah raka’at baru kemudian salam. Kalau jawaban "ya" berapa rakaat kah yang harus ditambahkan oleh makmum terasebut

2. Apabila imam melaksanakan  shalat jama’ah magrib, dan ketika sedang melaksanakan sujud, datanglah seseorang yang ikut berjama’ah dan langsung mengikuti sujud bersama Imam. Ketika Imam melaksanakan duduk tasyahud akhir dan kemudian salam. Bagaimanakah pendapatmu:

Apakah makmum harus menambah rakaat sholat . Apabila jawaban ya, berapakah ia harus menambah rakaatnya

3. Apabila imam melaksanakan  shalat jama’ah Isya’, dan ketika sedang melaksanakan tasyahud akhir, datanglah seseorang yang ikut berjama’ah dan langsung mengikuti duduk  tasyahud akhir bersama Imam. Ketika Imam melaksanakan duduk tasyahud akhir dan kemudian salam. Apakah makmum harus menambah rakaat sholat . Apabila jawaban ya, berapakah ia harus menambah rakaatnya


Posting Komentar untuk "Tata Cara Menambah Raka'at Makmum Masbuk"