KISI-KISI UN SMP/ MTs DAN POS UN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Penilaian  pendidikan  adalah  proses  pengumpulan  dan  pengolahan  informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian hasil belajar peserta didik pada  jenjang pendidikan dasar dan menengah dilaksanakan  berdasarkan  standar  penilaian  pendidikan  yang  berlaku  secara nasional.
Berdasarkan Permendikbud No. 3 Tahun 2017 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah dan Satuan Pendidikan, maka penilaian akhir hasil belajar peserta didik oleh Pemerintah dilakukan melalui Ujian Nasional (UN), sedangkan yang dilakukan oleh Satuan Pendidikan melalui Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).
Ujian Nasional (UN) merupakan kegiatan pengukuran dan penilaian pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) adalah kegiatan yang dilakukan oleh Satuan Pendidikan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/ atau penyelesaian dari Sekolah

Pemerintah kembali akan melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) pada tahun 2019. Sehubungan dengan hal tersebut, BSNP telah menetapkan POS Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Penetapan POS tersebut dimuat dalam Keputusan BSNP Nomor Nomor 0051/P/BSNP/XI/2019

POS USBN dan UN adalah ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN dan UN tahun 2019. Secara umum, kebijakan USBN dan UN tahun 2019 tidak jauh berbeda dengan kebijakan tahun 2018. Perbedaan pada jadwal pelaksanaan dan proyeksi jumlah peserta. Untuk lebih jelasnya tentang pelaksanaan UN Tahun pelajaran 2019/2020 dapat dilihat di :

- POS UN Tahun pelajaran 2019/2020 dapat diunduh di ( DOWNLOAD )

- Kisi-kisi UN Tahun Pelajaran 2019/2020 untuk SMP/Madrasah Tsanawiyah dapat 

Posting Komentar untuk "KISI-KISI UN SMP/ MTs DAN POS UN TAHUN PELAJARAN 2019/2020"