Cara Merubah Google Sheets menjadi Microsoft Excel

 

Google sheets

        Google Sheets adalah bagian dari G Suite (Docs, Slides, Forms, dll) yang dimiliki Google. Google Sheets awalnya berasal dari XL2Web yang dikembangkan oleh 2Web Technologies sebelum akhirnya diakuisisi Google pada 2006. Meski dibuat oleh Google, aplikasi ini juga kompatibel dengan format file Microsoft Excel.

Selama ini banyak orang lebih mengenal Microsoft Excel. Namun, Google hadir dengan produk bernama Google Sheets dan menjadi kompetitor untuk program besutan Microsoft tersebut. Secara umum keduanya memang mirip, tapi Google Sheets atau biasa disebut spreadsheets memiliki beberapa rumus dan fitur yang berbeda dengan Excel.

Perbedaan dengan microsoft excel di antaranya adalah spreadsheet dapat diakses secara on line melalui berbagai  browser, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox. Di samping itu, ia juga terintegrasi langsung dengan google drive sebagai media penyimpanan. Sedangkan Microsoft Excel  dapat diakses secara offline. 

Google Sheets  memiliki fungsi yang hampir sama dengan Microsoft Excel, namun software  ini lebih memudahkan berbagi antar-pengguna. Spreadsheet kini banyak digunakan di dunia kerja sebagai pengganti Microsoft Excel. Bagi sebagian orang yang lebih memilih menggunakan Microsoft Excel, maka dapat mengubah dokumen Sheet ke Excel, akan tetapi tetap harus memeriksanya kembali data nya tidak berantakan dan mudah terbaca.

        Cara mengubah Google Sheet ke Excel 

  1. Buka file Google Sheets  yang akan diubah ke Microsoft Excel melalui google drive atau bisa mengunjungi tautan  https://docs.google.com/spreadsheets
  2. Klik menu file di sebelah kiri atas dan Pilih  “Download” , maka akan muncul banyak pilihan, seperti pdf, excel dll. maka pilih  microsoft excel. 
  3. Secara otomatis file akan tersimpan dalam bentuk microsoft excel.  





Posting Komentar untuk "Cara Merubah Google Sheets menjadi Microsoft Excel"